HUKRIM  

Utamakan Humanis, Kapolres Dompu pastikan Situasi Kecamatan Hu’u Aman dan Kondusif

Keterangan Foto: Kapolres Dompu saat melakukan Pengamanan Bentrok antar Warga. 

 

Dompu, MerdekaNTB.Com–Terjadi Pemblokiran jalan oleh Sejumlah masayarakat Desa Daha Kecamatan Hu.u pada selasa 27/09/2022 sekira pukul 20.00 wita.

Pemblokiran tersebut terjadi lantaran salah satu perusahan penyedia pangan PT. SPU ( Sari Pangan Utama) melakukan perekrutan pekerja tidak sesuai SOP (Standard Operating Procedures) perusahaan.

Aksi pemblokiran jalan tersebut ditengarai karena ketidakpuasan warga Desa Daha terkait rekrutmen pekerja oleh PT. SPU (Sari Pangan Utama) yang merupakan salah satu kontraktor pada PT. STM

Dalam pemblokiran tersebut Personel Polres Dompu yang dipimpin langsung oleh Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat SIK terjun langsung di lokasi guna menertibkan masa aksi.

Saat berlangsungnya pemblokiran jalan, langkah persuasif pihak kepolisian untuk memberikan pengertian kepada masa untuk Segera membuka kembali pemblokiran namun tidak membuahkan hasil, sehingga dilakukan upaya paksa oleh pihak Kepolisian.

Saat dilakukan upaya paksa, massa sempat melakukan perlawanan dengan melakukan pelemparan terhadap personel kepolisan Alhasil salah satu anggota Polres Dompu Aipda Syaiful mengalami luka robek pada bagian kepala akibat lemparan massa.

Aksi warga Desa Daha yang melukai anggota Polres Dompu tersebut rupanya memantik kemarahan desa tetangga yakni Desa Hu’u, diketahui, anggota Polres dompu yang menjadi korban pelemparan tersebut merupakan warga asli Desa hu’u, sehingga kedua warga Desa sempat bersitegang dan bentrok mengakibatkan beberapa warga dari kedua desa terluka.

Insiden tersebut tidak berlangsung lama berkat kesigapan dan kerja keras personel Polres Dompu yang berupaya menengahi kedua kubu yang bertikai.

Kapolres Dompu membenarkan adanya insiden tersebut, setelah dilakukan mediasi dengan beberapa tokoh masyarakat dan pemuda daei kedua desa situasi pun berangsur pulih dan kondusif.

“Awalnya memang ada pemblokiran jalan atas ketidakpuasan warga Desa Daha dalam perekrutan tenaga kerja oleh salah satu PT dan kemudian merembet pada kisruh warga Desa Hu’u dan Daha, namun semuanya tidak berlangsung lama dan bisa teratasi , kini situasi sudah kembali kondusif, ” papar Kapolres.

“Untuk pengamatan dan pengontrolan lebih lanjut terkait perkembangan situasi , kami akan tempatkan personel untuk penguatan Polsek Hu’u guna memastikan situasi benar benar aman “, lanjut Kapolres.

“Saat ini situasi kecamatan Hu’u kami pastikan aman dan kondusif,” Tutup Kapolres.

Penulis: Anto
Editor: Fesal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *