Warga Desa Oi tui Berharap PT.Waskita Karya Perhatikan Warga lokal dan Upah buruh

Keterangan Foto: Proyek DAM Awo.

Media MerdekaNTB.Com.
Mencoba menelusuri terkait infromasi terkait upah gaji setiap masyarakat warga lokal yang ingin berkerja di lokasi DAM Awo dan media juga Menerima keluhan dari beberapa masyarakat desa Oi tui kec.Wera terkait upah buru sebagai pekerja di DAM-Bendungan Awo Desa Oi tui kec.wera kab Bima yang merupakan di kerjakan oleh PT Waskita Karya yang merupakan sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan ini memiliki lima divisi, yakni Gedung, Infrastruktur I, Infrastruktur II, EPC, dan Luar Negeri.
” I.Ham ” Salah satu warga yang memberikan informasi sekaligus warga lokal asli di tempat wilayah kerja tersebut mengungkapkan pada media ini.
“Kami meminta pada pihak PT.Waskita karya, agar memikirkan kami sebagai warga lokal asli desa Oi tui dengan meminta dengan upah Rp.150.000/hari namun pihak PT. Menolak dengan keras tidak ada harian “. Tuturnya
Warga Oi Tui pun menambahkan, Pihak PT.Waskita Karya, meminta pada kami upah atau gaji Rp.100 rb/kubikasi dan kamipun menjawab tidak bisa jika dengan gaji, upah Rp.100 rb soalnya itu terlalu sedikit dan semoga bisa di bicarakan kembali terkait upah ” imbuhnya dengan nada sedih.
Tidak butuh waktu lama wartawan media ini mencoba konfirmasi ke pihak PT.Waskita karya melalui via whatsapp (WA) dengan Bapak Iswanto pada hari selasa,29/8/2022 pada pukul 19.01 wita P Iswanto Waskita.
” Walaikumsalam ….mhn maaf pak mungkin lebih afdolnya kekantor kita dibima jln diponegoro no 16 depan kos kosan lavender “. Jawaban dari pihak PT.Waskita karya melalui kutipan WA.
Pihak media pun terus menelusuri menanyakan kebenaran informasi lapangan yang di himpun pada warga lokal setempat agar mengetahui secara pasti dimana titik simpul yang sebenarnya, apakah benar dalam aturan atau standar operasional prosedur(SOP) Pemerintah melalui PT.Waskita karya tidak lebih dari Rp.100 rb/kubikasi atau terlalu banyak yang di tawarkan oleh masyarakat lokal senilai Rp.150.rb/hari atau sebaliknya.
Selanjutnya pihak PT.Waskita karya melalui Bapak Iswanto meminta wartawan merdekaNTB.Com afdolnya kita ketemu dikantor saja sekali lagi saya mohon maaf “. Tuturnya saat dikonfirmasi melalui via whatsapp.
Pemerintah desa Oi tui melalui Kades Plt.
Muhammad farhan S.Pd, ” Walaikumsalam. Kami sudah menghimbau dan menginformasikan kpd masyarakat yg ingin menjadi pekerja di Proyek Bendungan Oi Tui yg dikerjakan waskita. Tpi masyarakat kemungkinan banyak yg tdk mau dikarenakan upah yg tdk sesuai ” hasil konfirmasih dengan Kades Plt melalui whatsAap(WA)29/8/2022 pada puku 20;16 wita.
“Dari pihak waskita sangat membuka ruang utk pekerja lokal namun dijelaskan juga bahwa upah sudah diatur dan ditentukan”
Beliau juga menambahkan.
“Sosialisasi bersama masyarakat dikantor desa pada awal masuk nya Waskita Rp. 100.000/hari utk upah. Dijelaskan jg itu adalah kebijakan dari perusahaan “
Jika di lihat dari asal usul PT.Waskita karya sudah jelas bagian dari masyarakat secara umum sebab badan usaha milik negara(BUMN) dan barang pasti pemerintah pasti memikirkan kesejahteraan masyarakat akan di utamakan lebih-lebih pemberdayaan masyarakat lokal seputran wilayah lokasi kerja.
Salah satu anggota Dewan/DPR Kab.Bima dapil wera-ambalawi Bapak Ibnuh hajar SH yang coba kami konfirmasi, memintai tanggapan beliau selaku penyambung lidah masyarakat wera-ambalawi.
” Siap terimakasih infonya, mari kita komunikasikan bersama dan besok saya coba komunikasikan dengan bws sebagai sumber anggaran ” tuturnya melalui whatsAap.
Harapan masyarakat lokal desa Oi Tui Kecamatan Wera pemerintah setempat harus melakukan koordinasi ulang agar kiranya di anulir kembali terkait Upah yang di tawarkan oleh PT.Waskita karya Rp. 100 rb/kubikasi dan tidak ada harian sebab bagaimanapun dalilnya pemberdayaan masyarakat-warga lokal harus di utamakan terkait upah/gaji mungkin masih bisa di bicarakan kembali, fasilitasi guna mendaptkan kesepakatan yang terbaik bagi warga lokal dan begitupun pihak perusahaan atau PT.waskita karya.
Wera. 01•

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *