Segera Bebaskan Anhar Ongge, LMND: Penjarakan Aktivis Kriminalisasi Terhadap Gerakan Rakyat

Keterangan Foto: Demo LMND. 

 

Jakarta, MerdekaNTB.Com–Penangkapan dan Pemidanaan Anhar Ongge adalah tindakan kriminalisasi terhadap gerakan aktivis. Cara-cara ini dilakukan untuk menakut-nakuti masyarakat dan mahasiswa agar tidak lagi memperjuangkan hak dan tuntutan-tuntutan mereka. Bagaimana tidak, korban merupakan karyawan perusahaan, saksi-saksinya pun adalah dari pihak perusahaan. Sementara, kalau dicermati secara teliti kejadian ini bermula akibat aktivitas pertambangan PT. GMS yang merusak lingkungan dan mencemari laut.

Peristiwa ini, sangat kental dengan permainan dan upaya terselubung untuk mengalihkan isu dan tuntutan para demonstran. Perusahaan dengan segenap kekuatan yang dimilikinya berusaha mengarahkan isu dan tuntutan massa aksi ke persoalan pidana. Sehingga masyarakat dan mahasiswa yang berjuang menolak aktivitas tambang tersebut, secara psikologis akan takut untuk bersuara menyampaikan dampak buruk yang ditimbulkan oleh perusahaan tambang.

Oleh karena itu, Anhar Ongge agar segera dibebaskan dan biarkan masyarakat dengan leluasa untuk menyampaikan aspirasinya serta memperjuangkan hak-hak mereka. Hentikan segala bentuk kriminalisasi terhadap gerakan aktivis dan kementerian ESDM harus bertindak cepat dengan segera mencabut izin pertambangan PT. GMS, serta Kapolda Sulawesi tenggara harus memeriksa aparat kepolisian yang terlibat dalam pemeriksaan dan penyelidikan kasus Anhar Ongge.

Penulis: Adi
Editor: Fesal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *