RKB Pulau Lombok Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW di Rade Mbojo

RKB Pulau Lombok Saat Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW di Rade Mbojo. 

Mataram, merdekantb.com–Rukun keluarga Bima (RKB) Pulau Lombok menggelar acara maulid Nabi Muhammad SAW di Rade Mbojo Kecamatan Labu api Lombok Barat pada Minggu 16 Oktober 2022.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini mengangkat tema Merajut Silaturrahim dan Kebersamaan Melalui  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ketua RKB Pulau Lombok Dr Muhammad Irwan Husain, MP., mengatakan, alhamdulillah pengurus Rukun Keluarga Bima ( RKB) Pulau Lombok dapat melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Iya berharap anggota RKB Pulau Lombok mengambil hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dan diharapkan memperkuat tali persaudaraan.

Untuk itu, wadah RKB adalah sebagai wadah memperkokoh persaudaraan, Irwan mengaskan pesan tersebut sesuai pesan dan firman Allah SWT yang terkandung dalam Alquran melarang bercerai berai.

“Warga Bima tersebar di seluruh wilayah pulau Lombok perlu mengadakan silaturrahim dan mengokohkan persaudaraan dan serta saling bahu membahu-membahu satu sama lain dalam hal sosial  kemasyarakatan (mori labo made). Prinisip inilah yang menjadi moto RKB yaitu KASAMA WEKI KANEO MATANI,”ungkapnya.

Salah satu implementasi dari moto tersebut, Irwan mengaskan, pengurus RKB telah diamanahi oleh warga Bima di Pulau Lombok khususnya yang berada di Mataram dan sekitarnya untuk mengadakan tanah kuburan umum Dou Mbojo (Rade Mbojo) mengingat tempat pekuburan umum untuk pendatang khususnya TPU Karang Medain sudah penuh.

Ia menjelaskan tanah pekuburan seluas 39 are ini berlokasi di dusun Bumi Permai Telaga Waru, Labuapi, Lombok Barat.

“Alhamdulillah atas kebersamaan warga Bima baik yang berada di Pulau Lombok maupun yamg ada di luar Pulau Lombok dan NTB telah berlomba-lomba memyalurkan uang tunai untuk membeli tanah kuburan yang diwakafkan.” Tegasnya.

Pada acara tersebut pengurus RKB dan panitia Pengadaan tanah kuburan dan panitia pelaksana Maulid disuguhi oleh gerakan spontanitas dari undangan untuk berkontribusi dalam pengadaan tanah baik dalam bentuk uang tunai juga menyumbang dalam bentuk fisik tanah dengan luas yang bervariatif.

Antusias berlomba-lomba untuk membangun rumah masa depan ini datang dari para tokoh Bima yang sudah purna tugas juga dari putra-putri Bima yang menduduki jabatan strategis di jajaran pemerintah provinsi NTB maupun wakil rakyat dari Dapil Bima Dompu.

Dari gerakan spontanitas tersebut, sejumlah lebih kurang 10 are dari luas lahan 39 are diwakafkan secara pribadi melengkapi wakaf-wakaf yang diberikan oleh sekitar 160 orang yang telah berkontribusi hingga pelaksaan kegiatan ini.

Menurut ketua umum RKB pulau Lombok Dr. Muhammad Irwan Husain,  gerakan ini sungguh sangat luar biasa. Hanya dalam jangka waktu 43  hari, RKB dan panitia pelaksanaan tanah kuburan telah menerima dana untuk kuburan sebesar Rp 700 juta.

Dikatakannya aliran dana ini seperti air yang mengalir deras, karena uang yang masuk setiap hari rata-rata sebesar Rp 15 juta lebih.

Dalam sambutannya ketua RKB merasa terharu dan bangga karena amanah yang berat ini dengan total nilai tanah yamg besar dapat menjadi ringan karena kebersamaan dan kepercayaan yang sangat positif diberikan kepada RKB dan paniita.

“Insyaa Allah, jika aliran dana seperti sekarang pada akhir tahun ini seluruh biaya tanah kuburan ini alan dapat dituntaskan.” Ujarnya.

Pada akhir sambutannya ketua RKB mengucapkan terima kasih sembari mengharap kepada undangan yang hadir dan belum berkontrobusi untuk sama-sama menuntaskan hal-hal yang berkenaan dengan tanah pekuburan ini.

Pada acara tersebut secara simbolis penyerahan sertifikat wakaf kepada beberapa orang yang telah berkontribusi, baik dalam bentuk peorangan (pribadi) maupun ikatan kekeluargaan arisan sebuah wilayah, kelurahan atau desa yang ada di Kabupaten Bima maupun kota Bima.

Pada saatnya nanti, seluruh donatur akan menerima sertifikat wakaf dari panitia pengadaan tanah kuburan.

Penulis: Adi
Editor: Fesal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *