Pentingnya Tata Cara Etika Dalam Dunia Komunikasi Bisnis Online

Keterangan Foto: Muhammad Fesal. 

Ditulis Oleh  : M.Fesal Mahasiswa Unram.

Mataram, MerdekaNTB.com–Komunikasi merupakan hal penting yang selalu melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Komunikasi bisa diartikan sebagai suatu proses antara dua atau lebih orang dalam menyampaikan dan menukarkan informasi, ide, gagasan, maupun pesan. Dalam komunikasi sendiri memiliki etika yang harus diterapkan termaksut dalam komunikasi bisnis, salah satunya bisnis online. Etika memiliki arti yaitu tata cara, pedoman, aturan, kaidah dan norma dalam melakukan perbuatan, tingkah laku dan juga dalam berkomunikasi.Sedangkan etika komunikasi merupakan gagasan moral yang berpengaruh dalam berkomunikasi.

Secara umum, etika komunikasi berkaitan dengan bentuk pencerminan atau penggambaran dari diri manusia dalam segala bentuk komunikasinya. Namun meskipun etika komunikasi sangat penting hal ini masih kerap kali diabaikan oleh masyarakat luas dan masih belum banyak yang menerapkannya, padahal etika komunikasi dapat menentukan penilaian dan pemikiran dari individu lain. Etika komunikasi kurang baik juga sering terjadi dalam komunikasi bisnis, contohnya dalam komunikasi bisnis online. Etika kurang baik dalam berkomunikasi di bisnis online dapat mengakibatkan penilaian dan kesan dari pembeli itu buruk terhadap pelaku atau pengguna bisnis online. Padahal bisnis dan komunikasi itu saling berkaitan penting terutama dalam proses transaksi ataupun dalam proses jual-beli.

Jaman yang semakin modern dan canggih ini membuat semua manusia ingin melakukan sesuatu secara praktis dan mudah, hal ini terjadi pada jual-beli yang dapat dilakukan melalui telefon genggam atau alat komunikasi lainnya, yaitu kegiatan jual-beli online, hal ini berupa kegiatan yang memanfaatkan teknologi penyedia tempat belanja yang dapat langsung diantar depan rumah dengan cara yang sangat praktis.
Etika Jualan Online
Selalu Bersikap Ramah Kepada Pembeli. …
Membalas Semua Pertanyaan yang Diajukan Pembeli. Selalu Menyapa dengan Panggilan yang Sopan.Tidak Menyalahgunakan Data Pembeli.
Jujur dalam Menuliskan Deskripsi Barang.
Packing Barang dengan Rapi.Cara Promisi Manjur, Bikin Produk Makin Laris!
Mengambil atau mengikuti pembelajaran dan pendidikan informal yang bisa diikuti dalam waktu singkat.Memahami informasi apa saja yang ingin pembeli ketahui

Mengikuti organisasi atau kelompok yang dapat memberikan pemahaman tentang ilmu etika komunikasi dalam bisnis Menambah pengalaman dengan melihat dan menonton video yang membagikan ilmu etika komunikasi dalam bisnis, terutama juga dalam bisnis online.

Etika komunikasi dalam bisnis online merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami dan dimengerti oleh penggunanya, sebab etika komunikasi ini dapat menunjukan bagaimana seorang pembisnis online apakah menjalankan dan menerapkan nilai kejujuran dan kebenaran dalam berbisnis, dan juga dalam memberikan informasi terhadap pembeli.Namun etika komunikasi ini juga bukan hanya harus dimengerti oleh pembisnis online saja tetapi juga oleh berbagai macam kalangan masyarakat, karena etika komunikasi ini menunjukan dan menggambarkan bagaimana manusia dalam bersosialisa antar sesama. Selain itu etika komunikasi dalam bisnis juga penting karena dapat menunjukan bagaimana sikap seorang pembisnis dan pengusaha dalam menjalankan bisnisnya dan etika komunikasi juga dapat mengarahkan seorang pembisnis agar dapat menjalankan bisnisnya dengan baik.

Editor: Fesal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *