Hutan Gundul Penyebab Terjadinya Banjir di Bima, Ini Kata Dr. Markum Dosen Unram

Keterangan Foto: Dr. Markum, S. Sc. Dosen Kebijakan Hutan Universitas Mataram (Unram). 

Mataram, merdekantb.com–Hutan gundul menjadi salah satu faktor utama penyebab banjir yang menerjang wilayah Kota Bima belum lama ini. Selain intensitas hujan yang cukup tinggi dan sedimentasi Daerah Aliran Sungai (DAS).Apa penyebab gundulnya hutan di Kota Bima ? Dosen universitas Mataram Dr.Markum,M.Sc mengatakan gundulnya hutan di wilayah Kota Bima disebabkan pembukaan jalan tani dan alih fungsi lahan untuk menanam jagung.

kondisi kawasan hutan di sisi timur Kota Bima kondisi yang gundul juga dianggap penyebab banjir. Penggundulan hutan itu, menurutnya, setelah dilakukan pembukaan lahan untuk ditanami jagung. “Hutan gundul, sehingga begitu hujan deras, tak ada penyangga air dan mengakibatkan banjir,” kata Dr. Markum, M. Sc. Dosen Kebijakan Kehutanan Universitas Mataram saat ditemui wartawan media ini, Senin (06/03).

Namun kini hutan sudah tidak berpohon sama sekali. Penyebabnya adalah masyarakat menanam jagung di atas lahan hutan dengan cara menebang pohon-pohon untuk kepentingan tanam jagung. Pasalnya, banjir tiap tahun menjadi langganan bagi masyarakat sehingga menimbulkan rasa tidak aman dan nyaman saat musim hujan tiba.

Tambahkanya, Dr. Murkam, M. Sc. Memberikan Solusi untuk meminimalisir potensi banjir bandang serta mengatasi permasalahan hutan gundul di NTB, khususnya di Kabupaten Bima dan Dompu.

Salah satunya, melalui pola penanaman kembali pohon-pohon dengan nilai ekonomis tinggi sekaligus berfungsi menyerap air hujan, seperti pohon kopi, alpukat, kelengkeng, dan banyak jenis tanaman yang bisa menerapkan sistem tumpang sari dengan tanaman jagung.

Pewarta: Fesal
Editor: M. Shopian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *