Dinilai Sebagai Putra Pewaris Kepemimpinan Orang Tua, Ridwan Syah Pemimpin yang Dinanti Masyarakat Dompu

Keterangan Foto: Ir. H. Ridwan Syah (Bakal Calon Bupati Periode 2024-2029).

Dompu, merdekantb.com–Pemimpin harus punya jiwa melayani. Bila tidak suka melayani, Anda tidak akan pernah sukses sebagai seorang pemimpin. Pemimpin harus tahu dan mempelajari cara kerja di bawah, baru ia bisa membentuk tim yang andal dengan pondasi kuat untuk menghasilkan kerja terbaik. Hal tersebut ada pada diri Ridwan Syah kata sejumlah elemen masyarakat di Dompu.

Para pemimpin hebat yang menunjukkan kualitas kepemimpinannya dengan sangat baik akan dikenang sepanjang masa dan namanya tak lekang waktu. Hal itu pula yang selalu melekat pada diri seorang Ridwan Syah.

Sebagai putra seorang tokoh penting di kabupoaten Dompu, Ridwan Syah oleh masyarakat Dompu dinilai sebagai putra yang mewarisi jiwa kepemimpinan orang tua.

Alm. H. Yakub MT, merupakan satu dari sederet panjang tokoh yang berkharisma yang dimilki masyarakat dompu, HM.Yakub MT, pernah menjadi Bupati yang banyak meninggalkan kesan baik bagi rakyat dan daerah.

Alm.HM.Yakub MT juga pernah menjadi duta rakyat sebagai Anggota DPR RI dan anggota DPRD NTB, ditunjang lagi dengan sejumlah jabatan penting di kancah politik kala itu.

Ridwan Syah, sebagai anak seorang tokoh besar di daerah itu, tentunya tak ingin membanggakan sesuatu yang melekat kuat pada diri sang Ayah. Ridwan Syah akan selalu tampil apa adanya dalam kesantunannya ketika hadir ditengah warga masyarakat. 

Titisan jiwa kepemimpinan dari sang Ayah sangat dinikmati oleh seorang Ridwan Syah yang dijadikan sebagai hikmah yang harus ia teladani selama dia melakoni karier birokrasi. Ia faham betul apa yag harus dilakukannya ketika dipercaya pimpinan ketika menjalani tugas di pemerintahan.

Ia juga disebut-sebut sebagai family–man yang penuh kasih pada keluarganya, sahabat dan rekan-rekan kerja di jajaran pemerintahan.

Ridwan Syah oleh masyarakat Dompu dijuluki sebagai pribadi yang telah menorehkan sejarah panjang sebagai birokrat. Selain itu dalam kapasitasnya sebagai seorang birokrat murni, Ridwan Syah mampu mengakomodir apa yang dihajatkan pemerintah ketika ia ditugaskan. Ia senantiasa menjalankan tugas sejalan dengan arahan atasan hingga mampu mencapai keberhasilan bersama.

Menjadi pemimpin memanglah tidak mudah. Tetapi sebagai figure pemimpin yang diidolakan, Ridwan Syah kerap tampil tenang meski didepan ada kesulitan yang pelik. Tetapi semua itu akan bisa dilewati dengan sikapnya yang bijak seiring dengan kesederhanaan yang senantiasa melekat kuat di sanubari seorang Ridwan Syah.

Ia juga punya tekad yang kuat untuk senantiasa mengantisipasi hal buruk disaat  situasi sedang berjalan baik. Dan ketika situasi sedang memburuk, ia memiliki keyakinan yang kuat bahwa setiap masalah tentu akan berakhir dengan hasil yang indah. 

Maka tak salah ketika salah satu tokoh masyarakat Dompu, Abdul Maret H. Yusuf menilai figur seorang Ridwan dinilainya sebagai figur yang layak untuk menjadi pemimpin kabupaten dompu kedepannya. 

Ridwan Syah di mata Abdul Maret dijuluki sebagai figure Birokrat yang mumpuni karena pengalamannya sebagai seorang abdi Negara di jajaran pemerintahan telah dibuktikannya dengan berbagai torehan prestasi yang gemilang.

Abdul Maret juga melihat sosok Ridwan Syah sebagai salah satu kandidat pemimpin Dompu kedepan sebagai tonggak baru yang akan menjadikan daerah bumi yang bermotto kan “Nggahi Rawi Pahu” melaju kencang menuju kemajuan daerah dan kemakmuran bagi masyarakat.

Selain itu kata Abdul Maret, kehadiran Ridwan Syah nantinya diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat generasi di daerah untuk terus mengasah diri ditengah era globalisasi dunia yang kian tak terkendali.

Abdul Maret juga yakin dengan kehadiran Ridwan Syah nantinya akan mampu memberi solusi ketika rakyat di hantui dengan berbagai persoalan diberbagai bidang kehidupan.

Kemampuan loby seorang Ridwan Syah kepada semua lini pemerintahan tak perlu diragukan, kata Abdul Maret. Pemerintah Pusat tak akan ragu menyalurkan pundi-pundi rupiah dengan berbagai program kegiatan mengingat kemampuan Ridwan Syah mengelola manajemen birokrasi sudah teruji. 

Selain itu kata Abdul Maret, Pemerintah Provinsi tentunya, sangat faham betul apa yang harus dilakukannya untuk memberi dukungan bagi kemajuan daerah dan masyarakat Dompu jika Ridwan Syah nantinya di beri amanah oleh masyarakat menjadi Kepala daerah di kabupaten Dompu. 

Ditempat terpisah, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat Dompu, Abdul Malik juga turut memberikan tanggapannya ketika nama Ridwan Syah menjadi viral di ditengan masyarakat Dompu.

Nama Ridwan Syah di mata Abdul Malik di sebutnya tak asing ditelinga masyrakat dompu, karena sangat familiar dengan nama besar HM.Yakub MT selaku seorang tokoh penting di daerah itu.

Malik menyebut HM.Yakub MT sebagai tokoh yang telah menancapkan pengaruh positif di daerah itu. Sikap bijak HM.Yakub MT ketika menjadi Bupati Dompu ketika itu selalu dikenang sepanjang kenangan.

Begitu pula dengan Ridwan Syah, yang diyakini Abdul Malik sebagai salah satu figure pemimpin yang akan mampu membangkitkan gairah membangun ditengah kelesuan ekonomi yang dialami masyarakat Dompu saat ini. 

Sementara itu, Ilyas Jakaria juga memberikan tanggapan senada terhadap sosok Ridwan Syah. Dalam pandangannya sebagai salah satu tokoh masyarakat di daerah itu, Ilyas Jakaria memberi nilai plus kepada putra mantan Bupati Dompu itu.

Ridwan Syah dimata Ilyas Jakaria disebutnya sebagai salah satu kandidat kuat yang dinanti sebagai seorang pemimpin yang akan memuwujdkan mimpi-mimpi masyarakat Dompu untuk terus berkembang sekaligus mengantarkan masyarakat dompu yang sejahtera. 

Ilyas Jakaria juga menilai sosok Ridwan Syah sebagai figure yang piawai dalam meramu tatanan birokrasi sehingga nantinya mampu memuluskan jalannya fungsi pemerintahan yang baik sebagai pelayan masyarakat di kabupaten dompu.

Ia tau betul apa yang harus dilakukannya dalam menjalankan roda pemerintahan, kata Ilyas Jakaria, sehingga ruang-ruang prioritas pembangunan serta pengaturan tata birokrasi yang bersih dan berwibawa akan dapat terlaksana seiring dengan tuntutan jaman yang semakin komplek,” ujar Mantan KCD Dikbud Kecamatan Hu`u Dompu itu.

Ilyas jakaria mengatakan, kehadiran Ridwan Syah dalam bursa kandidat calon pemimpin Dompu telah merubah pola pikir materialistis yang selama ini mewarnai proses demokrasi. 

Sebagai sosok yang dicintai dan dinanti kehadirannya sebagai Pemimpin Dompu, Ridwan Syah tentunya tak seperti yang dipikirkan kebanyakan orang selama ini tentang “amunisi” yang dimilkinya.

Saya kira Ridwan Syah tak ingin mengumbar tentang hal itu, tetapi ia tentu faham bahwa dalam setiap perjuangan pasti ada pengorbanan. Yang lebih penting saat ini kata Ilyas jakaria adalah bagaimana kita semua dapat meyakini bahwa Pemimpin Dompu kedepan adalah figure yang memiki kemampuan dalam mengejewantahkan manajemen birokrasi serta memilki pengalaman untuk menjadikan daerah “Nggahi Rawi Pahu” menjadi lebih baik, dan Ilyas Jakaria melihat hal itu ada pada diri seorang Ridwan Syah.

Pewarta: Dae Ompu
Editor: Fesal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *