Diduga Sunat Pengadaan Anggaran TIK, ini Penjelasan Dikpora Dompu

Keterangan Foto: Ilustrasi. 

Mataram, merdekantb.con– dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa tahun 2022 berupa pengadaan alat TIK untuk 25 SDN yang ada di Kabupaten Dompu, Provinsi NTB. Dari hasil investigasi LSM Persatuan Mahasiswa Bima Dompu, memberikan keterangan dari beberapa sekolah SDN yang ada di Kabupaten Dompu.

Dalam keterangan tersebut, adapun barang yang diterima adalah 15 unit chrome book dengan spesifikasi merek : AXIO CHROME BOOK 360. Model: NPAX221MKR8, 1 Unit infocus dan 1 Unit alat penjangkauan internet modemiwif.

Berdasarkan harga tersebut, tidak sesuai dengan harga pasaran yang sebenarnya. Dari kalkulasi pembelanjaan tersebut kisaran kurang lebih 2 M. Sementara patokan anggaran untuk pengadaan barang dan jasa TIK yaitu sekitar 3 M lebih.

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, H. Muhammad Rifaid S.Pd, M.Pd. menjelaskan, bahwa tuduhan dan pernyataan itu tidak benar.

Pengadaan TIK itu adalah pengadaan melalui e-catalog, harga yg dikeluarkan oleh LKPP sebagai portal utama belanja barang pemerintah. harganya beda dengan harga di sopey, dan di toko sekitar kita di Dompu, selisih harga inilah yg menurut mereka pihak dinas itu dianggap Mark up harga.

sedangkan pengadaan barang pemerintah menurut kepres itu harus melalui e-catalog, pengadaan ini oleh pihak ketiga dan wajib belanja melalui e-catalog sesuai amanat Perpres, hanya perbedaan pendapat tentang itu saja sih, jelas Kadis Dikpora.

Pewarta: Akbar

Editor: Fesal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *